Home / Berita / AA – RS Seriusi Bahas Tata Batas Hutan Pulau Bunaken 

AA – RS Seriusi Bahas Tata Batas Hutan Pulau Bunaken 

Manado MS – Rapat teknis yang diselenggarakan hari ini (7/7/2021) bersama Camat Bunaken Kepulauan dan Lurah Bunaken, Manado Tua I Manado Tua II dan Lurah Alung Banua dipimpin Walikota Manado Andrei Angouw.

Rapat ini adalah kelanjutan dari rapat pembahasan sebelumnya tentang pengelolaan dan pengawasan Hutan Lindung dimana telah dibahas saat itu adalah bagaimana menuntaskan soal tata batas.

Rapat ini dihadiri oleh Wakil Walikota Manado dr.Richard Sualang, Sekertaris Daerah Manado Micler Lakat,, Asisten II Pemerintah Provinsii Preseno Hadi, Inspektorat Kota Manado, perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi, dari perwakilan Taman Nasional Bunaken, perwakilan Balai Pengawasan kawasan Hutan (BPKH), BPN, Camat dan Lurah-Lurah.

Pemerintah Provinsi menyampaikan soal Pembuatan Peta dan peruntukan tanah untuk Taman Nasional Bunaken harus diperjelas. Demikian juga koordinasi antar kewenangan termasuk apa yang akan dilakukan oleh Dinas Pariwisata, PUPR, Bagian Aset, Bagian Pemerintahan termasuk instansi terkait lainnya seperti Dinas Kehutanan, BPN di wilayah tersebut.

Angouw mengatakan, hal penting dilakukan pada tahap awal adalah penuntasan tata batas. Mengenai tata batas ini setelah dilaksanakan memunculkan beberapa pertanyaan antara lain; bagaimana dengan hak kepemilikan warga atas tanah tersebut. Juga tanah yang masuk dalam kawasan konservasi yang sudah dimiliki warga.Permasalah lain setelah penetapan tata batas adalah soal lahan perkebunan yang juga memunculkan berbagai pertanyaan.

Menurut Walikota, ini disebabkan karena bertahun-tahun Kebun ini sudah dimiliki oleh masyarakat dan sudah punya SPPT.

“Mari ini dibahas dan dicari solusi agar tidak merugikan masyarakat tapi konservasi tidak dirusak karena adanya pemukiman. Makanya soal Tanah dan lokasi yang sudah bersertifikat juga menjadi bahasan menarik.” Ujar Andrei

Dia menambahkan, Hal penting juga adalah penyamaan persepsi semua pihak khususnya yang berkewenangan supaya ada sosialisasi kepada masyarakat yang dilakukan secara masif.

“Kita fokus Tata Batas dan pembentukan Panitia Tata Batas segera dilakukan, hal-hal lain yang muncul kemudian nanti disikapi selanjutnya,” Urai Walikota.
(eman)

About admin

Check Also

Andrei Angouw Buka Seminar Diseminasi Pendidikan Lingkungan & Lesson Study

Pemkot Manado Apresiasi Indonesian Education Promoting Foundation (IEPF) 2024 Manado,MS- Dinas Pendidikan Kota Manado mengadakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *