“CAKALANG FUFU JO” TEMBUS PASAR AMERIKA

MS MANADO. Bintek Strategi Bisnis Bagi Wira Usaha di Sulawesi Utara, yang dilaksanakan Kementrian Koperasi,(20-21/9-2021). menjadi energi baru buat UMKM didaerah ini dalam suasana Pandemi Covid-19.

Seperti dikatakan Sartje Kasim, salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Manado, mengaku sangat terbantu dengan mengikuti Bimbingan Teknis Strategi Bisnis Bagi Wira Usaha oleh Kementrian Koperasi.

Dalam Bintek ini diajarkan bagai mana kedepan menggunakan Medsos untuk meningkatkan penjualsn produk terlebih dimasa pandemi saat ini dengan menjual secara on line. Kami lebih tau secara mendetail dari pelatihan ini.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo, Sosok Buya Syafii Maarif Sebagai Guru Bangsa

Juga menambah wawasan bagai mana produksi meningkat dan penjualan. Harapan kedepan kegiatan seperti ini terus ditingkatkan, dan berlanjut sehingga para pelaku UMKM di Manado akan meningkat kesejahteraannya.

Lewat UD. SEDERHANA milik Sartje Kasim, yang bergerak dalam produk ikan olahan khas Manado yaitu ikan Cakalang Fufu dan Sambal Ikan Roa, telah mulai jualan memanfaatkan Medsos akibat pandemi Covid-19, yang dulunya mengandalkan Supermarket dan Toko di Manado.

Dengan menggunakan Medsos, saat ini produk “Cakalang Fufu Jo” telah eksport ke Amerika lewat Surabaya dan Jakarta. Juga Sambal Ikan Roa sudah ada permintaan eksport, namun terkendala dokumen eksport. Sartje berharap kepada instansi terkait seperti Dinas Perindag boleh memfasilitasi pengurusan dokumen eksport agar para UMKM senakin bersemangat berusaha, jelas Sartje, dengan penuh harap.,(jansen)

Baca juga:  Gelar KLB, Daglan Walangitan Nakodai PGRI Manado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *