SAMBAL IKAN ROA SULUT SIAP GO INTERNASIONAL

SULUT,MS – Potensi perikanan Sulawesi Utara yang cukup tersedia menjadi peluang untuk pelaku industri kecil dan menengah untuk diolah menjadi produk pangan berkwalitas eksport.

Kepala Dinas Perindag Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Edwin Kindangen, menjelaskan kesiapan produk-produk hasil dari pelaku usaha industri kecil dan menegah yang siap dieksport ke luar negeri atau memenuhi kebutuhan perrmintaan dalam negeri.

Berbagai produk industri kecil dan menegah umumnya berupa pangan olahan dan ikan olahan telah dieksport ke Jepang dan beberapa negara. Untuk jumlah yang dikirim, tentu sesuai permintaan dan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli atau para pelaku usaha. pihaknya hanya memfasilitasi.

Baca juga:  OMK Kevikepan Tombulu Gelar Festival Seni & Olahraga

Ditambahkannya, saat ini sedang difasilitasi dan dikoordinasikan dengan pihak pembeli di luar negeri terkait pengiriman produk hasil industri kecil dan menengah oleh pelaku usaha masing-masing.

Terkait kesiapan produk, menurut Kabid Fasilitasi Pengembangan Industri Kecil Menengah ,Gilbert Takaendengan, saat ini para pelaku usahan pangan olahan dan ikan olahan telah siapa produk mereka jika ada permintaan pembeli.

Walau tidak merinci quantitas yang diproduksi para pelaku UKM, namun dijamin akan mampu memenuhi kebutuhan pembeli karena sumberdaya perikanan di Sulut cukup tersedia. Ditambahkan Gilbert, salah satu produk ikan olahan yang siap eksport adalah Sambal Roa alias Rica Roa,

Baca juga:  DAGLAN, UNGKAP RAHASIA SMP N 10 MULUS SELAMA ANBK

Rica Roa yang telah dikenal luas memiliki cita rasa khas berbeda dari jenis ikan olahan lainnya, sehingga sangat digemari para pencinta Sambal Ikan Roa. Pihaknya terus melalukan pembinaan dan bimbingan kepda pelaku IKM / UKM dari segi pengemasan dan promosi.

Selain Sambal Roa, menurut Gilbert, yang telah dilakukan uji eksport adalah pangan olahan berupa Kripik Pisang Goroho,.. Berharap akan berlanjut secara terus menerus baik kesiapan suply dan permintaan pembeli..(jansen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *