SOSIALISASI EMPAT PILAR KEBANGSAAN ANGGOTA DPD RI

MS MANADO. Salah satu anggota DPD RI utusan Sulawesi Utara DR. Maya Rumantir, MA., P.hd. melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan di ruang serba guna kantor. DPD RI Sulawesi Utara, Kota Manado (12/11-2021).

Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini sangat penting dilaksanakan ditengah berbagai tantangan internal berbangsa dan bernegara, juga dalam menghadapi isue global yang semakin tak terbendung diera informasi teknologi yang semakin maju.

Seperti dijelaskan DR. Maya Rumantir, MA., P.hd. Tantangan kebangsaan dalam NKRI seperti : Berkembangya pemahaman dan ajaran agama yang keliru dan sempit. Meningkatnya fanatisme kedaerahan. Kurangnya penghargaan terhadap kebinekaan. Keteladanan kepemimpinan semakin kurang. Penegakan hukum belum optimal.

Baca juga:  AKBP Tommy Bambang Souissa Jabat Kapolres Minahasa Definitif

Sementara tantangan Global yaitu : Pengaruh globalisasi semakin luas dan tajamnya persaingan antar bangsa di dunia. Makin kuat intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

Sosialisasi empat pilar meliputi : Pancasila sebagai dasar idiologi Negara. UUD 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR. Negara Kesatuan Repunlik Indonesia sebagai bentuk Negara. Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Sosialisasi ini didukung penuh oleh UU No. 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD, DPRD. Peraturan MPR RI No. 2 Tahun 2014. Tentang Tatib MPR RI. INPRES No. 6 Tahun 2005 Tentang Dukungan Kelacaran sosialisasi empat pilar.

Baca juga:  UPT BP2MI Manado Jalin Kemitraan Gelar Media Gathering Bersama Insan Pers

Hadir dalam kegiatan ini dari kalangan dunia pendidikan yaitu guru dan siswa pramuka utusan SMK /SMA di Kota Manado serta sejumlah tokoh masyarakat dan pemuka agama. (jansen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *