Home / Berita / Waspadai Gejala Covid-19 Dan Aksi Donasi Mapalus Bagi Yang Terpapar Covid-19 Di Kota Bitung

Waspadai Gejala Covid-19 Dan Aksi Donasi Mapalus Bagi Yang Terpapar Covid-19 Di Kota Bitung

Bitung,MS – PPKM berskala mikro di Bitung yang saat ini berganti judulnya menjadi PPKM level III dan IV, dimana Dinas Kesehatan Kota Bitung mengingatkan gejala Covid-19 patut diwaspadai: Demam; Flu dan Batuk; Nyeri Sendi; Sakit Tenggorokan; Sakit Kepala; Gangguan Pernafasan; Muntah; Mual; Hilangnya Indera Perasa dan Penciuman; Hilangnya Selera Makan pastikan segera test dan jauhi interaksi fisik jika mengalami gejala ini.

Aksi atau gerakan diberi nama ‘Donasi Mapalus Covid’, dilakukan oleh sejumlah elemen dilingkup Pemerintah Kota Bitung.

Mereka mengumpulkan uang untuk dibelanjakan sejumlah bahan atau kebutuhan.

Menurut Albert Sergius Palengkahu selaku Juru Bicara Pemerintah Kota Bitung, aksi atau gerakan kemanusian Donasi Mapalus Covid, bertujuan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan para pihak yang terdampak.

“Jadi hasil donasi yang terkumpul, kami belikan bahan atau kebutuhan dari pelaku usaha atau UKM, penjual buah di jalanan hingga toko atau warung klontong yang terdampak covid 19, agar bisa membangkitkan roda perekonomian dan membantu mereka,” tutur Albert Sergius Palengkahu, Jumat (23/7/2021).

Aksi atau gerakan kamanusian Donasi Mapalus Covid, digagas pasca hari raya idul adha 1442 H/2021 baru memasuki hari keempat dan direncanakan akan terus berlangsung selama pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di kota Bitung.

Dari pantauan di lapangan, bahan atau kebutuhan seperti suplemen, makanan ringan, vitamin, buah dan lainnya dikemas dalam satu tempat lalu oleh tim yang bertugas meletakkan di kursi atau meja yang ada di luar rumah.

Ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat untuk menghindari kontak dengan mereka yang tengah terpapar.

Masyarakat yang kurang mampu dan tengah menjalani Isoman, mereka tidak bisa keluar rumah sehingga untuk memehuni sejumlah kebutuhan mereka aksi atau gerakan Donasi Mapalus Covid hadir untuk membantu meringankan kebutuhan mereka.

dr Vivi Tumbel kepala puskesmas Bitung Barat, mewakili seorang tenaga kesehatan (Nakes) yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) di ruang kosong di lantai 2 gedung rumah sakit mengapresiasi dan berterima kasih dengan aksi dan gerakan kemanusian Donasi Mapalus Covid.

Aksi dan gerakan kemanusian Donasi Mapalus Covid, sudah menyasar masyarakat yang tengah Isoman di sejumlah wilayah kecamatan dan kelurahan di Bitung, akan berlanjut menyasar masyarakat lainnya yang kurang mampu dan tengah Isoman.(OmDan)

About admin

Check Also

Pemkot Manado Berikan Beasiswa Bagi Ratusan Peserta Diklat Bidang Pelayaran

Wawali Sualang! Diklat Pemberdayaan Masyarakat 2024 dibuka , Peserta Bisa Mendapatkan Sertifikat Manado,MS – Politeknik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *